Bupati Enthus Susmono Disambut Ribuan Penari Cantik

Puncak rangkaian acara HUT Kab Tegal ke-417 yaitu penyerahan pataka di Kantor Pemerintahan dan DPRD Kabupaten Tegal, Kamis (18/5/2017). Bupati Enthus Susmono Disambut Ribuan Penari Cantik yang merupakan siswi sekolah dasar se Kabupaten Tegal.

Sekitar 1.700 siswa SD mempertontonkan Tari Guci, tarian khas Tegal yang diperagakan di halaman Kantor Pemerintahan kab Tegal.

Siswi SD sengaja dipilih karena untuk mengenalkan budaya kepada generasi muda khususnya dalam prosesi kirab budaya pada tahun 2017 ini.

Kirab pataka atau festival budaya kabupaten tegal pada hari Kamis kemarin dimulai dari Rumah Dinas Bupati Tegal menuju gedung pemerintahan kabupaten Tegal yang berjarak 2 kilometer.

Panitia dan pelatih Tari Guci yang diperagakan oleh anak-anak SD, Siti Hajar mengatakan bahwa tarian ini (tari guci) terinspirasi dari desa Guci yang dikenal dengan objek wisata pemandian panasnya.

Bupati Enthus Susmono Disambut Ribuan Penari Cantik

Bupati Enthus Susmono Disambut Ribuan Penari Cantik

Tarian ini menggambarkan gadis – gadis cantik yang sedang mandi di pancuran air panas Guci di lereng Gunung Slamet,” ucapnya.

Siti melanjutkan, gerakan tari guci menceritakan para gadis desa yang sedang mengambil air pegunungan yang asri dengan menggunakan guci (tembikar). Kemudian guci itu ditaruh kepala untuk dibawa pulang kerumah masing-masing.

Tarian ini juga sebagai sarana untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas bahwa Kabupaten Tegal memiliki wisata alam yang indah dan nyaman,” ujarnya.

Siti juga menambahkan, bahwa anak-anak SD yang menari guci itu hanya berlatih Tari Guci selama dua bulan saja.

Tidak susah sih. Saya baru latihan dua bulan. Sebelumnya ya tidak bisa,” kata Aisyah Samratul Alawiyah salah seorang penari.

Semoga dengan dikenalkannya kesenian lokal khususnya Kabupaten Tegal, akan menumbuhkan rasa cinta budaya dan cinta tanah air.

Bupati Slentheng

Saya adalah tokoh fiksi yang diciptakan oleh Ki Enthus Susmono selaku dalang paling tenar di Kabupaten Tegal

Info Menarik Lainnya

Info Tegal Slawi Ayu by Slawi Ayu