Keluyuran Jam Kerja, PNS Kab Tegal Terjaring Razia

Miris jika lagi-lagi mendengar berita pegawai pemerintah tapi bolos kerja, padahal PNS kab tegal biasanya tidak melakukan hal ini. Bolos disini bukannya tidak berangkat, tapi keluyuran entah kemana tidak berada ditempat kerja.

Hal ini terjadi kemarin tanggal 26 Januari 2016, delapan orang PNS Pemkab Tegal didapati sedang berada diluar kantor padahal saat itu masih jam kerja. Tak tinggal diam, Satpol PP yang melihat para pekerja pemerintahan itu sedang asyik jalan-jalan diluar kantor langsung melakukan razia.

Rupanya terjaring razia juga 3 pegawai yang masih honorer dari berbagai instansi di kabupaten tegal.

PNS tersebut merupakan pegawai RSUD DR Soeselo, UPTD Dikpora Talang, Dinas Pekerjaan Umum (DPU), Dinas Kesehatan, Dinas Koperasi, UKM dan Pasar, Bagian Umum Setda, dan SMPN 1 Margasari.

Mereka hanya kami data dan diberi pembinaan supaya tidak mengulangi lagi,” kata Kepala Satpol PP Pemkab Tegal, Zaenal Arifin.

Keluyuran Jam Kerja, PNS Kab Tegal Terjaring Razia

Keluyuran Jam Kerja, PNS Kab Tegal Terjaring Razia

Zaenal Arifin (Kepala Satpol PP) menjelaskan bahwa wilayah utara targetnya di tempat keramaian komplek Ruko Slawi Ayu, Yogya Mall Slawi, Mutiara Cahaya atau MC, Swalayan Basa, Swalayan Banjaran Permai atau BP, pertokoan wilayah Talang, dan Swalayan MC Mejasem, Kramat. Kemudian ada juga tim wilayah selatan menyasar di Pasar Lebaksiu, Pasar Balapulang, dan Pasar Margasari.

Mereka kami pergoki saat sedang belanja. Padahal, waktu itu masih jam dinas,” kata Zaenal.

Razia penertiban ini, kata Zaenal, mendasari Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 tahun 2010 dan Instruksi Bupati Tegal. Selain itu, juga mendasari Perda Kabupaten Tegal Nomor 7 tahun 2011 tentang Ketertiban Umum (tibum) khususnya pada pasal 67-70. Dalam perda itu, ada 12 tata tertib. Salah satunya, tertib aparatur daerah, seperti pamong desa dan PNS.pns kab tegal

Jika kita lihat dalam Perda Tibum pasal 67 (3) huruf a bahwa Setiap PNS dan pegawai lembaga pemerintah daerah dilarang bepergian saat jam dinas untuk kepentingan pribadi atau golongan dan tidak ada sangkut pautnya dengan kepentingan dinas.

Keluyuran Jam Kerja, PNS Kab Tegal Terjaring Razia

Zaenal menambahkan “Hasil razia kali ini kami laporkan ke Bupati Tegal, Sekda dan BKD“.

Semoga dengan adanya operasi dan razia seperti ini membuat para pegawai pemerintahan dan PNS semakin rajin dan giat dalam bekerja, tidak keluyuran disaat jam kerja.

Bupati Slentheng

Saya adalah tokoh fiksi yang diciptakan oleh Ki Enthus Susmono selaku dalang paling tenar di Kabupaten Tegal

Info Menarik Lainnya

Info Tegal Slawi Ayu by Slawi Ayu