Relawan TIK Kabupaten Tegal, Memajukan Desa Melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi

Jumat (13 oktober 2017), pembentukan relawan TIK Kabupaten Tegal dilaksanakan di kantor kominfo. Pada rapat pembentukan ini dihadiri oleh kepala Kominfo kabupaten Tegal dan kepala Telkom kabupaten Tegal.

Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi atau yang disingkat RTIK ini menjadi cahaya terang bagi kabupaten tegal, khususnya kecamatan dan desa sekitar.

Karena dinas komunikasi dan informasi mengaku kewalahan jika untuk membimbing semua desa yang ada di kabupaten tegal, untuk itu adanya RTIK Tegal ini diharapkan bisa membantu Kominfo dalam mensukseskan program utama yaitu kabupaten tegal yang melek IT.

Relawan TIK Kabupaten Tegal

Relawan TIK Kabupaten Tegal

Amiq Fuadi selaku ketua RTIK Kabupaten Tegal mengatakan “Peran relawan TIK ini sangat penting, karena di kabupaten tegal sendiri baru satu desa yang memiliki website.”

Rupanya di kabupaten tegal ini baru ada satu desa yang memiliki website, dan itu pun konten abadi. Maksudnya, website dibangun kapan konten isinya ya tetap itu-itu saja.

Inilah tugas RTIK untuk membuat website desa se-kabupaten tegal dan bagaimana agar data website tersebut tidak mati suri, mati enggan hidup tak mau.

Syaiful Mizan dari Kominfo kabupaten Tegal mengatakan “Tidak hanya membuat website desa saja, RTIK juga ikut membangun e-goverment di Kabupaten Tegal.”

Kabupaten Tegal menempati urutan ke 21 dibidang TIK se jawa tengah, itu artinya kita masih tertinggal jauh dari Pemalang, Pekalongan, dan lainnya.” jelas Syaiful.

Kemudian untuk program kerja dalam jangka pendek ini, relawan tik tegal akan mengadakan pelatihan tik di desa-desa. Karena tidak dipungkiri, sebagian besar masih meraba-raba dalam dunia tik.

Harapannya, RTIK ini menjadi jembatan antara pemerintah dengan end user atau masyarakat” kata Hari Kristianto, dari Telkom selaku mitra RTIK Kab. Tegal.

(brh)

Bupati Slentheng

Saya adalah tokoh fiksi yang diciptakan oleh Ki Enthus Susmono selaku dalang paling tenar di Kabupaten Tegal

Info Menarik Lainnya

Info Tegal Slawi Ayu by Slawi Ayu