Sekarang SIM C Tidak Bisa Dipakai Untuk Semua Jenis Motor

Informasi yang penting untuk diketahui oleh para pengguna sepeda motor, karena berhubungan dengan surat ijin mengemudi atau SIM. Sudah resmi bahwa SIM C tidak bisa dipakai untuk semua jenis motor, bagaimana bisa??

“Ada peraturan baru dari Korlantas Polri. Jadi mengenai SIM C tidak bisa dipakai untuk semua jenis motor mulai bulan Mei 2016 besok” kata Kombes Risyapudin Nursin, Minggu (9/1/2016).

Peraturan ini tertulis di Surat Pembaruan ST/2653/XII/2015. Intinya ada 2 macam keputusan klasifikasi SIM C dan batas waktu perpanjangan Surat Ijin Mengemudi.

Sekarang SIM C Tidak Bisa Dipakai Untuk Semua Jenis Motor

Sekarang SIM C Tidak Bisa Dipakai Untuk Semua Jenis Motor

“Peraturan penggolongan SIM C yang baru berlaku 1 Mei 2016,” imbuhnya.

SIM C akan digolongkan menjadi 3 yaitu SIM C (polos), SIM C1 dan SIM C2. Penggolongan ini berdasarkan kapasitas mesin sepeda motor atau yang disebut CC.

Informasi yang dapat kami peroleh yaitu:

SIM C : untuk sepeda motor berkapasitas mesin kurang dari 250 CC.
SIM C1 : untuk sepeda motor berkapasitas 250-500 CC.
SIM C2 : untuk sepeda motor berkapasitas mesin 500 CC ke atas.

“proses penggantian SIM C dengan SIM C golongan baru rencananya akan dimulai Februari – April 2016”.

Selain peraturan baru SIM C, Korlantas Polri juga membuat peraturan mengenai batas waktu perpanjangan SIM.

Kombes Risyapudin mengatakan “Ini dimulai 1 Januari 2016, perpanjangan SIM dapat dilaksanakan sebelum habis masa berlakunya dengan tenggang waktu 14 hari sebelum tanggal habis masa berlaku”.

Nah bagi yang memiliki SIM sudah habis masa berlakunya, maka bisa diperpanjang lagi tetapi tidak boleh melebihi batas waktu yaitu 3 bulan sejak masa berlaku SIM tersebut habis.

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengharapkan agar peraturan baru ini segera disosialisasikan dahulu, agar tidak terjadi kasus petugas nakal dilapangan.

“SIM C1 itu untuk 250-500 CC dan SIM C2 untuk 500 CC ke atas, nah itu motor-motor gede jadi dibedakan dengan SIM C polos, ini kan belum jelas berapa biayanya” jelasnya.

“Selama ini pengurusan SIM sendiri masih rawan percaloan. Jika penggolongan dilakukan dipastikan objek percaloan oleh oknum polisi makin marak” ungkap Ketua Presidium IPW (Indonesia Police Watch) Netta S Pane.

Bupati Slentheng

Saya adalah tokoh fiksi yang diciptakan oleh Ki Enthus Susmono selaku dalang paling tenar di Kabupaten Tegal

Info Menarik Lainnya

Info Tegal Slawi Ayu by Slawi Ayu