Warga Serbu Tumpeng Kirab Pataka Kab Tegal

Hari ini (18/5/2017) merupakan hari jadinya Kabupaten Tegal yang ke-416. Rangkaian acara hari jadi kabupaten Tegal sangatlah panjang, namun yang selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat Kab Tegal yaitu kirab pataka.

Kemarin (17/5/2017) pataka atau pakta integritas dikirab menggunakan mobil ke Monumen GBN Slawi, kemudian dimulailah kirab budaya bersama masyarakat Kabupaten Tegal dengan berbagai kostum dan aneka ragam khas Tegalan, pabrik teh Poci, SKPD, kesenian calung tegal, kesenian kuntulan, dan berbagai gunungan hasil bumi Tegal.

Dalam kirab budaya kab Tegal, gunungan yang diarak keliling kota Slawi Ayu antara lain sayur-sayuran, buah-buahan, makanan ringan khas tegal, bahkan produk yang menjadi kebanggan Kab Tegal yaitu Teh.

Warga Serbu Tumpeng Kirab Pataka Kab Tegal

Warga Serbu Tumpeng Kirab Pataka Kab Tegal

Konvoi yang dimulai dari Monumen GBN Slawi atau Masjid Agung Kab tegal ini menarik perhatian masyarakat se-tegal, khususnya kota Slawi. Hal ini terbukti dengan ramainya penonton dari sepanjang jalan yang dilalui karnaval kirab budaya sampai di depan rumah dinas bupati.

Warga Serbu Tumpeng Kirab Pataka Kab Tegal

Satu-persatu peserta kirab budaya mempertontonkan kebolehannya didepan panggung Bupati Tegal Ki Enthus Susmono dan ibu Wakil Bupati Umi Azizah. Hal yang menarik ketika pak bupati menggoda (meledek) peserta dengan celotehan lucunya, sehingga memicu tawa bagi masyarakat yang menonton.

Tak sampai disitu, ketika gunungan hasil bumi melewati panggung dalam sekejap masyarakat menyerbu gunungan yang dipanggul oleh peserta. Sehingga dorong-dorongan dan tarik-menarik antar warga tidak dapat dihindarkan.

Kirab Budaya Kab Tegal Pataka

Sumber Gambar : tribratanews.polri.go.id

Meskipun terlihat sangat agresif, namun hanya senyum dan wajah senang saja yang terlihat. Hal ini dikarenakan pak Bupati Enthus Susmono selalu mengingatkan masyarakat agar menjaga kerukunan dan perdamaian.

Anggota polisi dan banser (barisan ansor serbaguna) juga sangat berperan dalam menjaga keamanan karnaval kirab budaya kali ini, karena pak polisi dan pak banser tidak segan-segan membantu masyarakat untuk mengambilkan sayuran atau hasil bumi yang ada di gunungan. (BRH)

Bupati Slentheng

Saya adalah tokoh fiksi yang diciptakan oleh Ki Enthus Susmono selaku dalang paling tenar di Kabupaten Tegal

Info Menarik Lainnya

Info Tegal Slawi Ayu by Slawi Ayu