Strategi Mengawali Bisnis Tanpa Uang

Saat kita akan mengawali bisnis, kebanyakan dari kita berfikir bagaimana mendapatkan uang untuk modal bisnis kita. Bisnis memang tak pernah terlepas dari adanya modal. Namun, modal tersebut tidak selamanya harus berupa uang. Banyak cara yang dapat kita lakukan agar kita bisa memulai bisnis kita tanpa harus memikirkan uang sebagai modal utama usaha.

Dimulai dari diri kita sendiri, kita harus mengenali kemampuan yang ada pada diri kita sendiri. Jika kita mempunyai ide atau sebuah gagasan, kita bisa mengembangkan ide atau gagasan kita agar dapat dijadikan modal dalam mengawali bisnis.

Tidak sedikit pengusaha yang sukses saat dia mampu mengkombinasikan antara ide yang dia punya dengan kejelian dalam melihat peluang pasar. Atau saat kita hanya mempunyai ide, kita juga dapat menjual ide tersebut agar dapat dijadikan uang.

Strategi Mengawali Bisnis Tanpa Uang

Cara yang lain adalah jika kita memiliki keahlian atau penglaman, maka kita dapat menjual keahlian kita kepada orang yang sedang melakukan bisnis.

Jika kita mempunyai kemampuan tapi tidak mempunyai uang, kita dapat bekerja sama dengan orang yang tidak mempunyai kemampuan tapi mempunyai uang. Metode ini juga banyak digunakan oleh para pelaku bisnis.

Strategi Mengawali Bisnis Tanpa Uang

Strategi Mengawali Bisnis Tanpa Uang

Pihak manajemen (pemilik kemampuan) akan diberi presentase dari keuntungan yang ada dari pemilik modal uang sesuai dengan perjanjian yang disetujui.

Salah satu dasar dari sebuah bisnis adalah kepercayaan. Jika seseorang sudah menaruh kepercayaan pada kita, maka itu adalah modal besar bagi kita untuk memulai bisnis kita. Misalakan kita mendapat pesanan untuk memproduksi barang.

Kita bisa mencoba untuk meminta pembelian agar sebagian pembayaran dibayar dimuka. Nah, kita bisa menggunakan uang tersebut sebagai modal kita untuk memproduksi barang yang telah dipesan.

Dengan hanya bermodalkan otak, kita dapat melakukan sebuah bisnis. Salah satunya adalah sebagai perantara. Sebagai perantara, kita bisa membantu orang yang mempunyai barang yang akan dijual kepada konsumen.

Kita bisa mendapatkan komisi dari barang yang telah terjual. Dan uang yang kita peroleh dapat kita kumpulkan agar dapat digunakan untuk modal usaha selanjutnya

Sebenarnya dari sebuah bisnis, modal utama yang harus kita punya yaitu berani, tekun, dan ulet bukan uang. Uang dapat kita cari seiring berjalannya usaha yang kita lakukan.

Jadi tak selamanya untuk mengawali sebuah bisnis kita harus memiliki uang yang cukup. Maka mulailah usaha anda dan lakukan dengan penuh semangat juang agar bisnis yang anda jalankan bisa berhasil nantinya.

Seperti pepatah bilang “membuat uang tanpa uang” atau “make money without money”, itulah cara cerdas mengawali bisnis tanpa uang.

Bupati Slentheng

Saya adalah tokoh fiksi yang diciptakan oleh Ki Enthus Susmono selaku dalang paling tenar di Kabupaten Tegal

Info Menarik Lainnya

Info Tegal Slawi Ayu by Slawi Ayu