Barista Tegal: Ngopi Bayar Seikhlasmu

Minggu pagi (21/5/2017) suasana kota Slawi masih dalam kondisi Ayu, dengan langit cerah yang membuat semua orang ingin jalan-jalan pagi. Bagi masyarakat slawi dan sekitarnya, tempat favorit untuk menikmati jalan-jalan minggu pagi yaitu di Alun Alun Slawi atau yang dikenal dengan sebutan AAS.

Sebat Barista Tegal: Ngopi Bayar Seikhlasmu

Sebat Tegal – Barista Tegal: Ngopi Bayar Seikhlasmu

Selain dipenuhi masyarakat yang sedang jalan-jalan, AAS juga ramai dengan para penjual. Mulai dari penjual sarapan sampai penjual pakaian lengkap di Alun-Alun Slawi.

Ketika kami (SlawiAyu) sedang melewati para pedagang, langkah kami terhenti di salah satu stand. Sangat unik dan terlihat mencolok, yaitu stand milik SEBAT atau Serumpun Barista Tegal.

Bagaimana tidak menarik perhatian masyarakat yang lewat, karena tertulis dengan jelas “Ngopi Bayar Seikhlasmu“. Bukan main-main, kopi yang disajikan yaitu kopi berkelas yang biasa ditemui di Cafe dan Restauran.

Tidak semua orang bisa membuat kopi yang memiliki cita rasa yang memikat, karena dibutuhkan wawasan dan pengalaman yang cukup untuk dapat membuat kopi nikmat.

Ulinnuha Rifki selaku ketua SEBAT mengatakan bahwa event seperti ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang dunia kopi, karena selama ini masyarakat hanya menganggap kopi nikmat itu hanya keluar dari kopi bungkus instan saja.

Ya untuk edukasi orang-orang biar pada tau kopi. Kan orang pada taunya kopi enak itu dari kopi bungkus saja, padahal kami barista bisa membuat kopi yang jauh lebih nikmat dari kopi bungkus,” jelas Rifki.

Komunitas barista tegal ini bahkan membawa peralatan lengkap untuk membuat (mengolah) kopi yang biasanya kita temui hanya di Cafe saja.

Para barista juga memberikan informasi kepada masyarakat mengenai cara pembuatan dan fungsinya, tak ayal membuat masyarakat penasaran.

Komunitas Barista Tegal Edukasi Masyarakat Seputar Kopi

Komunitas Barista Tegal Edukasi Masyarakat Seputar Kopi (sumber : IF SerbatTegal)

Ngopi Bayar Seikhlasnya

Ngopi Bayar Seikhlasnya (sumber : IF SerbatTegal)

SebatTegal Event di Alun Alun Slawi

SebatTegal Event di Alun Alun Slawi (sumber : IF SerbatTegal)

Event unik Ngopi Bayar Seikhlasmu seperti ini baru dilaksanakan dua kali, menurut Rifki untuk kedepannya akan diadakan sebulan sekali.

Belum bisa dikatakan rutin, kita baru bikin event 2x, Tegal sama slawi, puasa nanti di Brebes.

Mudah2an nantinya bisa rutin sebulan sekali.” tambah Rifki.

Bagi yang ingin sekedar mencoba sensasi Ngopi Bayar Seikhlasmu, atau yang ingin bergabung di komunitas barista tegal atau SEBAT. Silahkan cek IG https://www.instagram.com/sebattegal

Selamat ngopi

Bupati Slentheng

Saya adalah tokoh fiksi yang diciptakan oleh Ki Enthus Susmono selaku dalang paling tenar di Kabupaten Tegal

Info Tegal Slawi Ayu by Slawi Ayu