Ternyata Gatal Pada Kemaluan Itu Berbahaya

Bagi anda yang sering mengalami gatal-gatal pada daerah kemaluan, jangan anggap remeh hal ini. Ternyata Gatal Pada Kemaluan Itu Berbahaya dan sedikit orang yang segera menanggapi gatal di kemaluan.

Bagi anda pria atau wanita yang sering gatal pada daerah kemaluan pasti sangat tidak nyaman jika pada saat-saat penting tiba-tiba gatal menyerang, secara reflek maka anda akan segera menggaruk posisi gatal tersebut.

Akan sangat memalukan jika kejadian ini terjadi saat anda didepan orang banyak seperti rapat, kumpul-kumpul, dan sebaqgainya. Oleh karena itu sangat perlu anda mengetahui apa saja penyebab dan pengobatan gatal-gatal pada kemaluan.

1. Cacing Kremi

Enterobius vermicularis atau yang masyarakat indonesia sering menyebutnya dengan cacing kremi merupakan cacing yang bisa mengakibatkan gatal-gatal dan infeksi terutama pada selangkangan dan daerah kemaluan.

Infeksi Enterobius vermicularis atau cacing kremi ini dimulai saat anda tidak sadar menelan telur cacing, kemudian telur cacing kremi menetas dalam usus kecil anda, kemudian akan tumbuh besar yang akhirnya cacing dewasa akan berada di usus besar.

Cacing kremi betina dewasa akan bergerak menuju anus untuk menaruh dan menyimpan telur pada sela-sela anus penderita.

Pada saat cacing kremi betina bergerak, maka anus penderita akan merasakan gatal.

Untuk pengobatan dan pencegahan, minumlah obat cacing. Yang paling penting yaitu dengan selalu menjaga kebersihan dan selalu cuci tangan sebelum makan.

Ternyata Gatal Pada Kemaluan Itu Berbahaya

Ternyata Gatal Pada Kemaluan Itu Berbahaya

2. Infeksi Jamur

Infeksi jamur yang sering terjadi pada area kemaluan yaitu Tinea kruris, biasanya pada daerah sekitar bokong, anus, dan juga kemaluan pria maupun wanita.

Infeksi jamur ini bisa menyebabkan bercak gelap dan rasanya sangat gatal.

Infeksi Tinea kruris terjadi dikarenakan anda kurang menjaga kebersihan tubuh, juga infeksi ini hanya pada daerah lembab dan tertutup. Untuk pengobatan infeksi jamur Tinea kruris yaitu dengan memberikan obat anti jamur dan selalu menjaga kebersihan daerah kemaluan.

3. Skabies

Skabies adalah suatu penyakit kulit yang terjadi karena kutu atau bahasa ilmiahnya yaitu Sarcoptes scabei. Skabies merupakan penyakit yang cukup berbahaya karena penyakit Skabies sangat mudah menular dari manusia ke manusia.

Keluhan umum pada penderita skabies yaitu gatal-gatal sekujur tubuh, mulai dari sela-sela telinga, sela-sela jari, ketiak, dan bahkan selangkangan.

4. Dermatitis

Dermatitis atau yang biasa disebut eksim adalah gejala radang yang dialami pada kulit, radang kulit ini dimulai dengan rasa gatal kemudian kulit menjadi kemerahan atau bahkan bentol-bentol.

Dermatitis atau eksim bisa disebabkan oleh zat alergen (suatu zat yang menyebabkan alergi), bahan kimia tertentu, dan sebagainya.

Jika pada bayi biasanya terjadi dermatitis karena penggunaan popok atau pampers bayi yang tidak cocok dengan kulit bayi. Untuk penanganan dermatitis yaitu dengan memberikan salep pada daerah yang merah dan bentol-bentol.

Demikian pembahasan kita kali ini seputar gatal pada daerah kemaluan, semoga tulisan ini bermanfaat.

Bupati Slentheng

Saya adalah tokoh fiksi yang diciptakan oleh Ki Enthus Susmono selaku dalang paling tenar di Kabupaten Tegal

Info Menarik Lainnya

Info Tegal Slawi Ayu by Slawi Ayu