Ayo Dukung Anti Pembajakan Dengan Aplikasi Gratis Alternatif

Di Indonesia aksi pembajakan dianggap sebagai hal yang biasa dan dianggap boleh, karena banyak orang yang tidak belum menghargai para pembuat software aplikasi.

Menurut Business Software Alliance, di Indonesia kasus pembajakan software aplikasi melebihi 86%. Alhasil indonesia masuk dalam 10 besar negara dengan pengguna bajakan tertinggi didunia.

Banyak yang mengira, bayar warnet 1 jam itu sudah termasuk membeli segalanya di Internet. Alasannya cukup beragam, dan yang paling sering berbunyi “Saya sudah membayar, terserah saya mau apa saja”.

Ada juga kalangan orang yang mencoba menafsirkan dengan dalih agama yang intinya, jika sudah membeli terserah mau diapakan saja.

Ayo Dukung Anti Pembajakan Dengan Aplikasi Gratis Alternatif

Ayo Dukung Anti Pembajakan Dengan Aplikasi Gratis Alternatif

Mungkin itu benar jika ada orang yang membeli suatu software kemudian si pembeli tersebut mau melakukan apapun terhadap yang dibelinya, tetapi itu kurang tepat dan kurang bijak jika sudah dibeli kemudian dia melakukan uji coba yang intinya merusak segel (crack) kemudian menyebar luaskan.

Dengan dalih apapun dengan menggunakan aplikasi bajakan apalagi menyebarkannya sama saja merampas hak si pembuat software yang dibajak.

Padahal banyak sekali bertebaran di internet software pengganti yang dibuat gratis, orang menyebutnya “Aplikasi Gratis Alternatif“. Nah marilah kita ketahui apa saja software gratis alternatif yang bisa digunakan pada sistem operasi windows tentunya.

1. Avidemux

Aplikasi ini merupakan software editor video, jadi bagi anda yang ingin menyunting video bisa mencoba avidemux.

Jangan kuatir untuk fiturnya, karena Avidemux sangat cukup untuk melakukan editing video secara mendasar seperti memotong / cut, menggandakan / copy, menempelkan / paste, menghapus bagian / delete, bahkan hingga encoding bagian dari video.

2. GIMP

Nah bagi anda yang sudah familiar dengan Adobe Photoshop, silahkan gunakan software bernama GIMP. Selain program ini gratis, GIMP juga memiliki fitur yang sangat komplit seperti photoshop. Bahkan ada yang bilang Adobe Photoshop versi gratis adalah GIMP.

3. ImgBurn

Anda yang suka menyimpan dokumen di CD, anda perlu mencoba aplikasi gratis satu ini. ImgBurn adalah aplikasi gratis alternatif dari Nero Burning Tool yang memiliki kemampuan yang sangat hebat.

Selain membakar (burning) CD dan DVD, aplikasi ini juga bisa melakukan pembakaran HD DVD dan Blu-ray disc. Bahkan yang lebih hebat lagi adalah ukuran file aplikasi ini sangat kecil, sehingga tidak berat seperti nero.

ImgBurn juga bisa digunakan untuk proses writing / menulis dengan metode multi-session dan membakar/burn format image yang populer seperti format BIN, DVD, IMG, ISO, CUE, NRG.

4. BB FlashBack Express

Kali ini aplikasi gratis bagi anda yang akan menggunakan Camtasia, karena aplikasi BB FlashBack dapat melakukan proses recording semua aktifitas layar desktop anda menjadi sebuah video.

BB FlashBack sangat cocok bagi anda pembuat video tutorial di youtube untuk di monetize, gunakan software gratis ini.

5. Xdman / XDM

Nah yang terakhir untuk anda para downloader yang terkadang merasa jengkel dengan jendela lisensi yang sering muncul jika anda menggunakan IDM / Internet Download Manager bajakan, aplikasi ini sangat recommended untuk anda.

Software kecil bernama Xdman atau XDM ini memiliki fungsi dan fitur yang sama persis seperti software IDM, bahkan memiliki performa yang jauh lebih hebat dari IDM.

Aplikasi XDM pernah dibahas di forum-forum kalau kecepatan download XDM dapat lebih cepat 2x dibanding menggunakan IDM.

Ayo Dukung Anti Pembajakan

Mengakhiri pembahasan ini, kami mengajak untuk mendukung anti pembajakan. Karena banyak programmer yang hanya menggantungkan hidupnya dari hasil jualan software, jika anda dan seluruh rakyat indonesia membajak maka bagaimana nasib si pembuat software tersebut?

Setidaknya kita bersama-sama untuk menggunakan aplikasi gratis alternatif, tidak harus sekarang dan semua, tapi perlahan kita kurangi penggunaan bajakan.

Bupati Slentheng

Saya adalah tokoh fiksi yang diciptakan oleh Ki Enthus Susmono selaku dalang paling tenar di Kabupaten Tegal

Info Menarik Lainnya

Info Tegal Slawi Ayu by Slawi Ayu